cara mengetes ic rusak, cara mengukur ic tda 2030, cara mengukur ic 7805, cara mengukur ic str, cara mengukur ic tda2030, cara mengukur komponen elektronika menggunakan multimeter, cara mengukur ic audio cara mengukur ic tda2030a,







7. INTEGRATED CIRCUIT (IC)

IC adalah gabungan dari beberapa komponen yang disatukan. Untuk menetukan baik tidaknya IC tidak bisa diukur dengan multitester tapi langsung dicoba ke rangkaian.

IC memiliki seri-seri tertentu. IC ada yang memiliki 3 pin, 8 pin, 16 pin, dan sebagainya. Pin no 1 biasanya ditandai dengan lingkaran kecil dekat pin tersebut. Contoh IC : LM 7812, UC 3842, TDA 1175, TDA 9302, dll.





Contoh IC Vertikal TDA 9302


Komponen elektronika adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan pada setiap alat atau perangkat elektronik dalam kebutuhan kita sehari-hari, komponen ini sangat banyak jenis, kita akan jelaskan kembali sedikit tentang perangkat elektronika, diantaranya :
1. Transistor 
2. Condensator 
3. Dioda 
4. Kumparan
5. Resistor
6. IC (Integrated Circuite)
Di dalam perangkat elektronika banyak komponen yang digunakan, dan untuk dapat mengerti cara bekerjanya rangkaian pada perangkat suatu alat kipas, TV, controller mobil dll, maka harus dipelajari sifat dari komponen-komponen tersebut. Pada kesempatan ini akan kami share tuntunan untuk mengenal komponen-komponen yang terdapat pada perangkat elektronik secara singkat dan padat.
Transistor
Kalau kita perhatikan hampir dalam setiap rangkaian elektronika masa sekarang ini banyak di jumpai satu atau beberapa buah komponen yang bentuknya kecil dan warnanya hitam yang dilengkapi dengan 3 buah kaki. Komponen tersebut dinamakan transistor. Transistor tersebut termasuk juga dalam jenis komponen aktif.
Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penguat frekuensi dan juga sebagai saklar otomatis. Cara pengukuran transistor sebagai berikut :
Mengukur transistor harus dilepas dahulu dari papan PCB, Cara mengukur dengan multi tester kalibrasi X1 dengan posisi kabel negative multi tidak berubah posisi, sedangkan positive 2X pindah, jika jarum bergerak sejauh 75 % maka transistor kondisi baik
TRANSISTOR TERDIRI DARI JENIS :
  • Tipe NPN
  • Tipe PNP
transistor
Transistor

Condensator/Kapasitor
Komponen ini adalah termasuk salah satu komponen pasif yang banyak dipergunakan dalam rangkaian elektronika. Condensator dalam bidang elektronika disebut juga kapasitor atau condenser. Fungsi dari komponen ini antara lain :
1. Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan yang lainnya (pada rangkaian Power Supply).
2. Sebagai filter dalam rangkaian Power Supply.
3. Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna.
4. Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila di pasang pada saklar.
Cara pengukuran condensator dengan menggunakan multi tester pada posisi X1, ketika diukur maka jarum akan bergerak dan kembali pada posisi semula walaupun diukur secara bolak-balik.
kapasitor
Condensator/Kapasitor

Dioda
Dioda berfungsi sebagai penyearah arus atau tegangan, karena pada dioda terdapat kutub positif dan kutub negative, komponen dioda ini tidak boleh dipasang terbalik, komponen ini juga ada yang disebut dioda led yaitu dioda yang berfungsi mengeluarkan cahaya. Pengujian dioda dapat dilakukan dengan menggunakan multi tester, jika diukur maka jarum akan bergerak dan jika dibalik cara pengukurannya maka jarum pada multi tester tidak akan bergerak. Cara pengukuran Led dioda dengan multi tester, jika led dioda dalam kondisi baik maka led dioda akan mengeluarkan cahaya.
dioda
Dioda

Kumparan / Lilitan
Kumparan atau lilitan juga termasuk dari pada bagian komponen elektronika, fungsi dari kumparan atau lilitan ini sebagai pembentuk gelombang elektromagnet atau dapat juga dikatakan sebagai filter.
Resistor
Adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat arus listrik. Resistor juga sering disebut dengan nama tahanan atau hambatan. Sesuai dengan namanya resistor memiliki sifat resistif yaitu bersifat menghambat arus listrik. Satuan nilai resistif suatu resistor adalah Ohm atau dilambangkan dengan simbol Omega ( Ohm ). Resistor merupakan komponen yang tidak berpolaritas, artinya dalam pemasangannya tidak perlu memperhatikan polaritas (+) atau (-) nya.
Cara pengukuran dengan menggunakan multi tester ialah jika komponen ini kondisi baik maka jarum multi akan bergerak, jika rusak maka jarum multi tidak bergerak.
resistor
Kode gelang Warna

Kode Gelang Warna
Kode warna pada resistor tetap dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu 4 gelang warna, 5 gelang warna, dan 6 gelang warna. Hal pertama dalam membaca kode warna resistor adah menentukan gelang pertama dan gelang terakhir. Gelang tarkhir merupakan gelang yang memiliki jarak yang lebih lebar terhadap gelang lain. Pembacaan kode gelang warna perhatikan tabel gelang warna pada gambar diatas.
Contoh :
1. Berapaha nilai resistor dengan kode warna : Cokelat, Hitam, Merah, Perak?
Jawab :     1st Ring    2nd Ring    3rd Ring    4th Ring
Cokelat       Hitam       Merah       Perak
1              0            x 100       ± 10 %
Jadi Nilai Resistor tersebut adalah = 1.000 Ohm ± 10 %
IC (Intergrated Circuit)
Perkembangan teknologi elektronika telah berkembang dengan pesatnya. Hal ini ditandai dengan bermunculannya produk-produk baru yang disebut Intergrated Circuit (IC). Komponen IC tersebut dibentuk dari beberapa macam komponen dirangkai menjadi satu rangkaian yang terintergrasi dalam bentuk sebuah chip. Dengan memasang beberapa buah komponen IC telah memungkinkan seseorang dapat menciptakan suatu perangkat elektronika yang moderen seperti computer dan yang lainnya.
a. Membaca nomor kaki IC BGA dengan berdasarkan tanda disebelah kiri dari titik dibaca dengan Huruf (A,B,C…) dan disebelah kanan dari titik dibaca angka (1,2,3,….) berarti dibaca = A1, B2, dan seterusnya
b. Untuk kaki IC kelabang dibaca berlawanan arah dengan jarum jam dari titik yang ada pada IC tersebut.

Hampir di semua mesin, alat, ataupun unit automobile  baik yang bergerak atau stationer pada dewasa ini sudah di lengkapi dengan komponen/rangkaian elektronika baik itu sebagai support kerja unit maupun sebagai core/controller dari unit tersebut. Jad,i seperti menjadi hal wajib bagi kita untuk minimal mengenal dan memahami sedikit fungsi dari beberapa komponen elektronika. Demikian ulasan menganai pengenalan komponen elektronika dan mengenai pengukuranya semoga bermanfaat, dan go teknik…!!!


cara mengetes ic rusak, cara mengukur ic tda 2030, cara mengukur ic 7805, cara mengukur ic str, cara mengukur ic tda2030, cara mengukur komponen elektronika menggunakan multimeter, cara mengukur ic audio cara mengukur ic tda2030a,

Share To:

SULIS SEPTIANA

Post A Comment: